Jumat, 19 September 2014

komunikasi simplek half duplek full duplex



Komunikasi

Definisi Komunikasi

Komunikasi adalah suatu proses penyaluran informasi dari satu pihak ke pihak yang lain. Penyaluran informasi bisa berupa suara, data, video atau pun gambar.
Konfigurasi minimal telekomunikasi :
-         - TX
-         - Media
-         - RX





Bentuk komunikasi dibagi dalam tiga kategori, yaitu : 

1. Simplex

Simplex merupakan bentuk komunikasi antara dua belah pihak, hanya saja sinyal-sinyal yang dikirim secara satu arah. Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Mode ini dapat diaplikasikan saat media transmisi yang digunakan dikuasai penuh oleh pihak pengirim. Keseluruhan bandwidth digunakan oleh pengirim Contoh :Pager, televisi, dan radio.




  • ·         Pager  ( Radio Panggil )
Pager adalah media penerima pesan yang portable yang bekerja berdasarkan prinsip kode signal radio pada frequency tertentu yang ditransmisikan melalui suatu provider. Pager  hanya dapat mengirim dan menerima tulisan dalam bentuk pesan singkat atau e-mail dari pengirim ke penerima.
Sebuah pager menggunakan frekuensi radio RF atau perangkat yang memungkinkan pengguna pager untuk menerima pesan area pada frekuensi tertentu melalui jaringan khusus radio BTS.
Pager sebagian besar digunakan oleh staf di instansi medis yang memungkinkan mereka untuk dipanggil untuk keadaan darurat.
Gambar Pager


  • Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
 gambar radio





2. Half Duplex

Half duplex adalah salah satu bentuk komunikasi yang pengiriman sinyalnya secara bergantian dengan waktu yang berbeda  (tidak dapat secara bersama-sama).
Contoh :
Walkie talkie dan Fax untuk mengirim dokumen dari suatu negeri ke negeri lainnya.



Walkie talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat menghubungkan dua orang atau lebih dengan pancaran gelombang radio. Walkie Talkie dikenal dengan sebutan Two Way Radio atau radio dua arah dalam istilah formal komunikasi bersystem Half Duflex yang dapat melakukan pembicaraan dua arah, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian. Radius jangkuan bicara Walkie talkie 0,5 sampai dengan 2,5 Km tanpa menggunakan pulsa seperti telepon pada umumnya.
Walkie talkie biasanya digunakan oleh petugas keamanan / security untuk memonitor keadaan sekitar 
gambar walkie talkie :




3 Full Duplex

Merupakan bentuk komunkasi antara dua belah pihak yang saling mengirim dan menerima informasi dalam waktu bersamaan. Pada umumnya model ini memerlukan dua jalur komunikasi.
Contoh yang sering kita temukan dalam kehidupan adalah telepon, di mana penggunanya bisa berbicara (mengirim) dan mendengar (menerima) secara bersamaan. Telepon bekerja dengan mengubah sinyal listrik menjadi suara.





                   

     Definisi Broadcasting

Broadcasting adalah proses pengiriman sinyal/pesan ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya.

Menurut UU Penyiaran No. 32 tahun 2002 penjelasan tentang dunia broadcast terbagi menjadi 2 yakni siaran (broadcast: kamus bahasa inggris) dan penyiaran (broadcasting: kamus bahasa inggris) yang masing-masing memiliki definisi sendiri-sendiri.

Siaran adalah pesan atau rangkaian pesan dalam bentuk suara, gambar, atau suara dan gambar atau yang berbentuk grafis, karakter, baik yang bersifat interaktif maupun tidak, yang dapat diterima melalui perangkat penerima siaran.
Penyiaran adalah kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran dan/atau sarana transmisi di darat, di laut atau di antariksa dengan menggunakan spektrum frekuensi radio melalui udara, kabel, dan/atau media lainnya untuk dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran.

Broadband adalah proses pengiriman dan penerimaan data melalui sistem jaringan telekomunikasi dengan kecepatan tinggi. Umumnya kecepatan mulai dari 256 kbps sampai dengan 100 Mbps yang terhubung dengan perangkat pengguna/pelanggan disebut broadband.
Definisi broadband tidak ada yang spesifik, namun yang sama adalah dalam penggunaan kata “kecepatan tinggi” (high speed). Menurut ITU-T, kecepatan tinggi broadband melampaui kecepatan ISDN-PRA (> 2 Mbps), sementara di negara India kecepatan tinggi broadband adalah 128 Kbps.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar